Selasa, 08 November 2011

About Compiere

A1. Jelaskan langkah-langkah mengubah greeting di bussines partner!(dua cara)
2. Sebutkan dan jelaskan menu-menu yang ada pada compiere!
3. Sebutkan kelebihan compiere? Min.3
4. Jelaskan fungsi dari find record dan data grid togle!
5. Apa perbedaan antara CRM dan ERP?
6. Mengapa software ERP dan CRM dibutuhkan suatu perusahaan?
7. Jelaskan langkah-langkah untuk membuat new record pelanggan pada sales order!
Jawab: yaiut dengan menggunakan Zoom Dengan klik kanan juga kita dapat mengambil pilihan lain seperti New Record dan juga Update
8. Apa yang anda ketahui tentang compiere?
9. Sebutkan langkah-langkah memulai compiere?
10. Apa yang anda ketahui tentang bussines partner dan langkah-langkahnya?
11. Sebutkan toolbar yang ada pada sales order?min.5
12. Apa yang ketahui tentang:
a. Market place
b. General rule
c. Qoute to Invoice
d. Standard Order
e. Price List
13. Apa yang anda ketahui tentang report?

jawaban

JAWABAN

1. Cara 1 adalah : tentukan greeeting client, organitation, dan name (input)
Cara ke 2 adalah : aktifkan name, greeting pertama ke alamat yg dituju
contohnya Mr....aktifkan firs name only dan default
2. Di dalam Compiere terdapat beberapa menu, yaitu adalah Application
Dictionary, General Rules, Quote-to-Invoice, Requisition-to-Invoice, Open
Items, Material Management, Partner Relations, Project Managemen
Performance Analysis, Service, dan Assets.

3. Integrasi menggunakan menjadi lebih baik,
standarisasi proses operasi menjadi lebih efektif dan efisien,
Dan standarisasi data dan informasi menjadi lebih cepat dan mudah.

4. Fungsi find record adalah : pengambilan data yang kita inginkan , atau
mencari data yang dapat meliputi pencarian customer, vendor , client dan
lainnya.
Fungsi data grid toggle adalah : Menampilkan seluruh database yang
berupa table

5. ERP mewakili Perusahaan Perencanaan sumber daya. ERP perangkat
lunak mengintegrasikan semua dari proses bisnis utama, yang membantu
memastikan data konsisten ke semua departemen fungsional. ERP aplikasi
secara umum terdiri dari modul seperti Pemasaran dan Menjual, Jasa,
Produksi, Pengendalian persediaan, Pengadaan, Distribusi, Sumber daya
manusia, Keuangan, dan Akuntansi. Sementara CRM adalah adalah
Customer Relationship MAnagement, disebut dengan memasarkan atau
manajemen pelanggan. CRM sering digunakan untuk mengacu pada
perangkat lunak aplikasi yang mendukung CRM proses bisnis, tetapi CRM
lebih dari perangkat lunak, digunakan dalam berdagang
6. Karena dalam suatu perusahaan dapat meningkatkan kesempatan
kepuasan pelanggan melalui resolusi lebih cepat tentang segala informasi
suatu pelanggan dalam suatu perusahaan

7. yaitu dengan menggunakan Zoom Dengan klik kanan juga kita dapat
mengambil pilihan lain seperti New Record dan juga Update

8. Compiere adalah Compiere adalah salah satu perangkat lunak ERP
(Enterprise Resource Planning) yang teraplikasi dengan solusi perangkat
lunak CRM (Customer Relationship Management) yang terintegrasi secara
lengkap dan bersifat Open Source.

9. . a. Login ke dalam Compiere, maka menu compiere akan tampil.
b. Lakukan pencarian untuk Window yang diinginkan dengan mengetikan kata menu yang diinginkan Misalkan “Business Partner”. Compiere langsung menuju ke menu yang dicari sesuai dengan kata yang dimasukkan.
c. Tekan enter untuk menuju ke menu window yang dituju sesuai dengan kriteria pencarian.Pencarian tidak Case sensitive dan dapat menggunakan “%” sebagai wildcard atau “_” sebagai placeholder.
d. Setelah menemukan window yang diinginkan kemudian double-click pada menu item atau dengan Ctrl + Enter.
e. Pindahkan kedalam Shortcut bar dengan klik kanan pada mouse dan pilih “Add to Bar”. Menu item sekarang berada dalam shortcut bar
f. Hapus atau pindahkan item dari Shortcut Bar dengan klik kanan dan pilih Remove From Bar. Menu item sekarang tidak ada di shortcut bar. Setiap shortcut yang dibuat tergantung dari penggunaan yang dinginkan oleh user
g. Maka akan tampil window dari business partner.



10. Business Partner adalah sebuah entity dengan siapa kita melakukan bisnis
atau transaksi. Business Partner memiliki rule seperti Customer, Vendor dan karyawan (orang – orang yang akan dibayar atau membayar dan membutuhkan data).

Langkah-langkahnya :
a. Pilih “Business Partner Info” yang berada di bawah “Request “ dibawah “Partner Relation”.
b. Maka akan tampil Window Business Partner kemudian Klik pada toolbar icon Data/Grid.
c. Akan tampil Record dalam bentuk tabel, pilih salah satu record dalam hal ini misalkan SeedFarm.
d. Tampilan dari record SeedFarm akan tampil dengan jumlah Open Balance yaitu -2757 berupa $2757.
e. Lihat invoice yang membuat jumlah ini dengan memilih tab “Partner Invoices”.
11. Market Place, Sales Order, Quote Convert, Reprice Order/Invoice, Generate
PO from Sales Order, Reopen Order, Open Orders, Order Transactions,
Distribution List, Distribution Run, dan Subscription. Berikut ini adalah bagan
dari Sales Orders pada Compiere.

12. Market place : Market place merupakan modul untuk membantu mengelola
pangsa pasar, yang biasanya digunakan untuk perusahaan jika akan
melelangkan produk-produknya. Modul ini terdiri dari Bid Topic, Auction
Seller, dan Auction Buyer
General rule : Merupakan menu yang menampilkan peraturan umum dalam
penggunaan dari system yang ada sehingga akan memudahkan user dalam
mengetahui batasan – batasan dalam system yang ada dalam perusahaan
Qoute to Invoice : adalah modul untuk menjalankan proses penjualan,
pembuatan penawaran ke pelanggan, serta melakukan penagihan
pembayaran
Standard order : adalah membuat Business partner baru secara langsung di
Sales order
Price list : adlah daftar harga atau penetapan harga untuk costumer dan
vendor di compiere

13. Report adalah : menampilkan report yang sudah terdapat data input.

sumber :
http://www.facebook.com/topic.php?uid=102327123138300&topic=332&post=1225

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 Life is only once, so take the chance to Enjoy. All rights reserved.
Blogger Template by