Sabtu, 31 Desember 2011

Mumpung Libur, Mari Bersihkan PC!

Akhir pekan biasanya menjadi waktu untuk menebus segala kelelahan setelah bekerja sepanjang hari. Ada yang mengisinya dengan bercengkerama bersama keluarga, jalan-jalan, atau tidur.

Tapi tak ada salahnya jika Anda meluangkan waktu untuk menilik komputer Anda. Selain telepon seluler, tentunya inilah perangkat yang sering menemani Anda ketika bekerja.

Coba lihat bagaimana keadaannya. Jika kotor, berdebu, dan lubang koneksinya sampai tersumbat, itu tandanya personal computer (PC) Anda kotor luar-dalam.

Sebelum Anda bergerak untuk membersihkannya, simaklah cara dan beberapa tip berikut.

Cabut semua kabel yang menghubungkan komputer. Jika Anda menggunakan All-In-One PC, hal ini tentu akan lebih mudah dilakukan karena tidak banyak kabel berserakan.

Namun bagi Anda yang masih menggunakan 'kotak' Central Processing Unit (CPU), monitor, stabiliser, mouse dan papan ketik, Anda harus berhati-hati ketika mempreteli kabel ini. Perhatikan colokan mana yang dicabut dan pastikan tidak ada aliran listrik di dalamnya alias komputer dalam posisi mati.

Gunakan alas kaki dan bersihkan komputer di tempat yang tidak beralaskan karpet atau benda-benda yang bisa 'menyimpan' debu.

Satu lagi yang perlu diperhatikan adalah menyiapkan tatakan karet, seperti mouse pad, kemudian meletakkannya di antara komputer dan meja kerja supaya tidak ada yang "nyetrum".

Berhati-hatilah ketika hendak membuka casing CPU. Taruh setiap sekrup di sebuah wadah sehingga mudah mencarinya ketika hendak dipasang kembali.

Ketika PC sudah dibongkar, gunakan cutton buds atau lap berbahan halus yang tidak berserat untuk mengeluarkan kotoran di dalam komputer. Kemudian gunakan sekaleng udara terkompresi dan semprotkan ke sela-sela komputer yang masih terselip debu, seperti port dan ventilasi udara. Apabila sulit menjangkau celah itu, pakailah sedotan kecil untuk mengarahkan aliran udara terkompresi tadi.

Ada satu lagi alat yang bermanfaat untuk membersihkan PC, yakni mini vacum cleaner. Cara menggunakannya sangat mudah, tinggal colokkan ke port USB komputer lain yang sedang menyala, pengisap debu siap dipakai.

Salah satu bagian yang paling kotor dan perlu dibersihkan secara teliti adalah kipas power supply beserta ventilasi udaranya.

Jika proses pembersihan telah selesai, kembalikan semua komponen sampai casing dalam posisi semula.

Supaya PC Anda tidak cepat kotor, jangan menaruhnya di lantai karena di situlah kotoran dan debu mengendap. Apalagi jika Anda memiliki binatang peliharaan yang bebas bermain di dalam rumah. Pembersihan PC minimal dilakukan satu tahun sekali.

Jika komputer Anda sudah teramat kotor, tak menutup kemungkinan kinerjanya tidak prima lagi. Misalnya, sulit membaca data melalui flash disk karena port-nya tersumbat debu.

Untuk kotoroan yang sulit dibersihkan dengan cutton buds atau semprotan udara terkompresi tadi, Anda bisa meneteskan sedikit alkohol atau cairan pembersih barang elektronik pada kapas. Kemudian usapkan ke bagian yang kotor dan biarkan beberapa saat supaya benar-benar kering.

Nah, selamat bersih-bersih.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © 2010 Life is only once, so take the chance to Enjoy. All rights reserved.
Blogger Template by