Rabu, 16 Maret 2011

Makanan Khas Kota Bandung...



WAJIT CILILIN…
Mungkin bagi anda sebagian sudah tidak asing lagi dengan penganan yang satu ini, iyah betul penganan satu ini merupakan makanan khas yang terdapat di CILILIN tepatnya di Jalan Gang Kaum Rt.03 Rw.07 yang kebetulan tempat di mana saya di lahirkan atau bahasa lainnya kampong sendiri he,,he,,, ^_^”


Apabila kita berjalan-jalan di daerah ini menikmati pemandangan gunung asri yang hijau, maka tak lengkap rasanya kalau tidak membawa makanan oleh-oleh khas dari Cililin ini. Warnanya yang kecoklatan melambangkan bahwa rasanya pasti manis, dengan dibalut oleh daun jagung yang telah dikeringkan terlebih dahulu, menjadikan makanan ini menjadi khas dan mudah untuk dikenali. Wajit Cililin makanan khas Kabupaten Bandung Barat,
Wajit merupakan campuran dari bahan-bahan yang sangat mudah dicari, yakni dari beras ketan, gula putih, gula merah, dan kelapa. Yang dimana ketika semua bahan tersebut telah menjadi sebuah adonan maka akan dibungkus oleh daun jagung, setelah wajit terbungkus dengan rapih maka wajitpun mesti di jemur atau di oven selama kurang lebih 12 jam.



Di Desa Cililin tepatnya di Jalan Gang Kaum Rt.03 Rw.07 telah berdiri sebuah rumah produksi yang khusus membuat wajit, bernama Gaya Sari Wajit yang telah memproduksi kurang lebih 1 ton wajit setiap minggunya. Dengan menghasilkan omset tak kurang dari Rp 2.000.000,- dan pemiliknya pun telah mampu mensekolahkan ketiga anaknya hingga jenjang perkuliahan tinggi.



Pak Dudu Sadulah demikian nama pemilik rumah produksi itu yang telah berproduksi sejak tahun 70an. Beliau mengatakan bahwa rahasia dan keunggulan wajitnya berasal dari campuran gula putih dan merah yang telah ditakar sebelumnya.
Wajit asli beliau telah memiliki sertifikat resmi dari Depkes, sehingga kita tidak usah khawatir ketika membeli wajit hasil olahannya. Karena wajit beliau terbebas dari campuran bahan-bahan kimia seperti birsoat dan bahan pengawet lainnya. Maka daripada itulah wajit olahan beliaupun kini sanggup menembus pasaran luar pulau jawa, seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, bahkan Malaysia.


sumber : http://indark007.wordpress.com/2008/11/22/wajit-cililin/

1 komentar:

Derry Indra Tirta mengatakan...

enak tuh gan kyanya... :D

Poskan Komentar

 
Copyright © 2010 Life is only once, so take the chance to Enjoy. All rights reserved.
Blogger Template by